4 Pasien Covid-19 Sembuh, Total Kesembuhan Sudah 235

4 Pasien Covid-19 Sembuh, Total Kesembuhan Sudah 235
No Image
Tim_Gus

PANGKALPINANG - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Belitung (Babel), Andi Budi Prayitno membenarkan penambahan empat pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 per 8 September 2020, Selada hari ini

Empat orang selesai menjalani isolasi dan dinyatakan sembuh diantaranya BI (46) laki-laki berdomisili di Wisma Maura Kacang Pedang, Gerunggang, Pangkalpinang; beralamat di Taman Okinawa, Jalan Amani, Binong, Curug, Tangerang, Banten.

Berdasarkan riwayat, yang bersangkutan pada 20 Agustus 2020 melakukan perjalanan dari Tangerang dan Jakarta, daerah terjangkit dan episentrum Covid-19, menuju Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, untuk menemui dan menjenguk istrinya yang berdinas di RSUD Bangka Selatan dan berdomisili di Jalan AMD, Teladan, Toboali, Bangka Selatan.

"BI diketahui memiliki riwayat diabetes, penyakit jantung dan hipertensi. Memiliki gejala batuk, tenggorokan kering, sakit kepala, nyeri otot, dan kondisi tubuh lemah," kata ABP di Pangkalpinang, Selasa (8/9/2020).

Pada 24 Agustus 2020 atas saran dari dokter diarahkan untuk melakukan tes swab, dan pada 25 Agustus 2020 diperoleh hasil tes swab PCR positif terkonfirmasi Covid-19. Diketahui bahwa BI adalah ASN (tenaga kesehatan) yang berdinas di PPSDM Kementerian Kesehatan RI, Jakarta.

Sejak dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19, diisolasi dan menjalani penanganan di BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan RSBT Pangkalpinang, sampai dengan dinyatakan sehat dari Covid-19 pada 8 September 2020.

Kemudian, ST (44) perempuan warga Jalan Depati Hamzah, Bacang, Bukit Intan, Pangkalpinang, berdasarkan riwayat, pada 27 Agustus 2020 yang bersangkutan melakukan tes rapid untuk keperluan perjalanan dinas dan diperoleh hasil reaktif. Lalu dilakukan pengambilan sampel spesimen swab dan dari tes swab PCR diperoleh hasil positif terkonfirmasi Covid-19. Diketahui bahwa ST adalah ASN di Sekretariat DPRD Pangkalpinang.

Perlu disampaikan bahwa ST termasuk dalam kategori kasus reinfeksi, karena sebelumnya pada 7 Agustus 2020 sudah pernah terkonfirmasi Covid-19 dan pada 18 Agustus 2020 telah selesai menjalani isolasi serta dinyatakan sehat dari Covid-19. Sejak 27 Agustus 2020, ST diisolasi dan menjalani penanganan di BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sampai dengan dinyatakan bebas dari Covid-19 pada 7 September 2020.

Lalu, AH (47) laki-laki berdomisili di komplek rumah dinas RRI Sungailiat, berdasarkan riwayat yang bersangkutan merupakan kontak erat MG, orang yang sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi Covid-19. Diketahui bahwa AH adalah rekan kerja dan tinggal satu rumah dengan MG. Dinyatakan sebagai klaster RRI. Dari hasil tes swab PCR pada 26 Agustus 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. Sejak 25 Agustus 2020 diisolasi di Depati Bahrin, Sungailiat, Bangka, sampai dengan dinyatakan sehat dari Covid-19 pada 8 September 2020.

"Selanjutnya, AAS (3) laki-laki beralamat di Jalan AMD Teladan, Toboali, Bangka Selatan, berdasarkan riwayat, yang bersangkutan merupakan kontak erat BI, orang yang sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 dan hari ini juga sudah dinyatakan sehat dari Covid-19. Diketahui bahwa AAS adalah anak dari BI," paparnya.

Dari hasil tes swab PCR pada 3 September 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19, langsung diisolasi dan menjalani penanganan di BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sampai dengan dinyatakan selesai isolasi dan pemantauan pada 8 September 2020.

 

"Dengan adanya penambahan empat pasien sembuh, maka total sudah 235 orang dari 250 orang yang dinyatakan terkomfirmasi positif Covid-19. Persentase tingkat orang yang selesai isolasi dan dinyatakan sehat dari Covid-19 di Babel mengalami sedikit penurunan berada di angka 94 persen, sementara tingkat kematian orang yang terkonfirmasi Covid-19 berada di angka 0,8 persen," pungkasnya. [Tim]