Covid-19 Babel : 243 Pasien Positif

Covid-19 Babel : 243 Pasien Positif
No Image
Tim_Gus

PANGKALPINANG - Pasien terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (Covid-19) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tercatat 243 orang. Sepuluh orang pasien diketahui masih dalam perawatan, sementara yang telah dinyatakan sehat 231 orang.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Babel, Andi Budi Prayitno mengatakan, Minggu (6/9/2020) satu orang pasien baru terkonfirmasi, inisial O-N, 40 tahun, laki-laki, warga Pangkalpinang.

"Berdasarkan riwayat, yang bersangkutan sebelumnya memiliki gejala demam, lalu pada 4 September 2020 melakukan tes rapid dan diperoleh hasil reaktif. Kemudian dari tes swab PCR pada 4 September 2020 diperoleh hasil positif terkonfirmasi Covid-19," kata Andi, tadi malam.

Diketahui bahwa ON adalah ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Babel Sejak dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 pada 5 September 2020, O-N memilih menjalani swaisolasi di rumah, dalam pengawasan dan pemantauan.

Sebaran pasien positif dipaparkan Andi, di Pangkalpinang 79 kasus (bertambah 1), Bangka 75 kasus, Bangka Tengah 17 kasus, Bangka Barat 22 kasus, Bangka Selatan 10 kasus, Belitung 28 kasus dan Belitung Timur 12 kasus.

"Persentase tingkat orang yang selesai isolasi dan dinyatakan sehat dari Covid-19 mengalami sedikit penurunan yakni berada di angka 95,06 persen. Untuk informasi pemantauan kontak erat ada 4.146 orang dan jumlah kasus suspek saat ini 1.472 orang," jelasnya.

Ia menambahkan, masih terpaparnya sejumlah orang, termasuk para petugas tenaga kesehatan dan personel Satuan Tugas Penanganan Covid-19, sudah barang tentu menjadi keprihatinan.

 

"Hal ini harus menjadi perhatian untuk tetap meningkatkan kewaspadaan, tak bisa dimungkiri yakni terpaparnya pelaku perjalanan baik untuk kepentingan dinas maupun umum yaitu orang yang melakukan perjalanan dari luar, yang kemudian membawa dan menularkan virus tersebut sehingga terjadi transmisi lokal," imbuhnya. [Tim]