Ini Penjelasan Terkait Kabar Terpaparnya Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Babel

Ini Penjelasan Terkait Kabar Terpaparnya Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Babel
No Image
Tim_Gus

PANGKALPINANG - Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Belitung (Babel), Andi Budi Prayitno membenarkan terpaparnya Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19, Mikron Antariksa.

Konfirmasi positif Covid-19 ini, kata Andi, berdasarkan hasil tes swab PCR pada 2 September 2020 dan sejak tanggal 1 September 2020 yang bersangkutan sudah diisolasi di Wisma Karantina BKPSDMD Babel.

"Saat ini tim surveilans dari Dinkes sedang melakukan PE (Penyelidikan Epidemiologi) untuk mengetahui riwayat dan kontak erat yang bersangkutan," jelasnya, tadi malam.

Pihaknya mengaku turut prihatin dan menaruh simpati serta empati Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Babel ini. "Kita semua berdoa agar beliau dan juga kita diberi kekuatan, ketabahan dan disembuhkan serta dijauhkan dari virus ini," ungkapnya.

Berdasarkan koordinasi dengan Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman, lanjut Andi, selama beliau menjalani penanganan dan perawatan, tugas sekretaris Satgas dan tanggung jawab kedinasan diemban oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Babel, Aswin.

"Sampai dengan beliau dinyatakan sehat/bebas dari Covid-19. Mari kita ambil hikmahnya, agar kita tetap peduli dan senantiasa waspada terhadap virus ini. Tetap solid dan semangat untuk rekan-rekan dan para sahabat semua," kata Andi.

Dalam kesempatan itu, disampaikan juga informasi mengenai situasi dan perkembangan penanganan Covid-19 di Babel. Tercatat, satu pasien dinyatakan sembuh atau selesai isolasi dari Pangkalpinang atas nama ESR (49), perempuan asal Bukit Intan.

Berdasarkan riwayat, pada 20 Juli 2020 yang bersangkutan melakukan perjalanan ke Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Kemudian pada 24 Juli 2020 kembali ke Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung. Diketahui bahwa E-S-R adalah ASN di Dinas Kesehatan Babel dan dinyatakan sebagai kasus impor.

Dari hasil tes swab PCR pada 19 Agustus 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. Sejak 17 Agustus 2020 menjalani swaisolasi atau karantina mandiri di rumah, dalam pemantauan dan pengawasan, sampai dengan dinyatakan sehat dari Covid-19 pada 2 September 2020.

Dengan penambahan satu pasien ini, maka kesembuhan pasien saat ini berjumlah 224 orang. Demikian ini dilaporkan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalop) BPBD Babel. Dengan demikian, saat ini persentase tingkat orang yang dinyatakan sehat dari Covid-19 berada di angka 93,72 persen. [Tim]