Bertambah 3 Positif dan 3 Sembuh, Angka Positif Covid-19 di Babel Capai 200

Bertambah 3 Positif dan 3 Sembuh, Angka Positif Covid-19 di Babel Capai 200
No Image
Tim_Gus

PANGKALPINANG - Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Belitung (Babel), Jumat (7/8/2020) melaporkan tiga penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan tiga penambahan pasien sembuh.

Demikian laporan situasi dan perkembangan Covid-19 di Babel disampaikan Kalakhar BPBD Babel, Mikron Antariksa, tadi malam. Dengan penambahan ini, kasus terkonfirmasi positif tembus di angka 200, kesembuhan berjumlah 185 orang dan pasien yang sedang menjalani perawatan sebanyak 13 orang.

Diterangkan Mikron, ketiga pasien sembuh dan kasus positif Covid-19 semua berasal dari Pangkalpinang. Tiga pasien sembuh merupakan suami, istri dan anak. Yakni pasien RK (39) istri, SG (39) suami dan HR (16) anak perempuan.

"Ketiganya beralamat di Jerambah Gantung Gabek Pangkalpinang. Berdasarkan riwayat, pada 11 Juli 2020 RK melakukan perjalanan dinas dari Palembang. Diketahui bahwa RK adalah ASN di Sekretariat DPRD Babel," jelasnya.

Sementara pasien positif terbaru, yakni KAJ (44) laki-laki, beralamat di Perumahan Jalan Kulan Kampak, Jerambah Gantung, Gabek. Berdasarkan riwayat, dari rapid test di RSIA Muhaya diperoleh hasil Reaktif, dari hasil swab test PCR pada 6 Agustus 2020 dinyatakan Positif terkonfirmasi Covid-19. "Saat ini menjalani swaisolasi atau karantina mandiri di rumah, dalam pengawasan dan pemantauan," ungkapnyam

Pasien kedua EO (36) laki-laki, berdomisili di Jalan Mitro, Gabek 2, Gabek, Pangkalpinang. Berdasarkan riwayat, pada 24 Juli 2020 yang bersangkutan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Pangkalpinang, dari rapid test diperoleh hasil Reaktif. "Dari hasil swab test PCR pada 7 Agustus 2020 dinyatakan Positif terkonfirmasi Covid-19, menjalani isolasi dan penanganan di BKPSDMD Babel. Diketahui bahwa E-O adalah ASN di Kementerian Dalam Negeri," jelasnya.

Kemudian pasien ST (44) perempuan, beralamat di Jalan Depati Hamzah, Bacang, Bukit Intan, Pangkalpinang. Berdasarkan riwayat, dari rapid test diperoleh hasil Reaktif, dari hasil swab test PCR pada 7 Agustus 2020 dinyatakan Positif terkonfirmasi Covid-19. "Saat ini menjalani swaisolasi atau karantina mandiri di rumah, dalam pemantauan dan pengawasan. Diketahui bahwa ST adalah ASN di Sekretariat DPRD Pangkalpinang," terangnya lagi.

Sementara Update informasi Surveilan Epemiologi di Babel, lanjut Mikron, data kasus suspek berjumlah 1.372 dengan rincian 42 diisolasi, discarded 501 orang dan kasus probable 1. Lalu, data pemantauan kontak erat saat ini berjumlah 3.740 dengan rincian menjadi kasus suspek 6, kasus konfirmasi 151, mangkir pemantauan nihil dan discarded 1.734 orang.

Sebagian besar orang yang terinfeksi Covid-19 menunjukkan gejala (simptomatik). Namun, ada pula orang tanpa gejala (asimptomatik) yang berisiko tinggi menularkan virus ke orang lain," kata Mikron.

Sebagai bagian dari upaya memantau arus lalu lintas orang yang masuk khususnya maupun yang keluar Babel, terutama dalam rangka pengendalian kasus untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19, pihaknha mengimbau kepada setiap orang pelaku perjalanan, baik pengguna moda transportasi laut (penyeberangan) maupun moda transportasi udara (penerbangan), untuk mengunduh aplikasi "PeduliLindungi" di telepon selulernya masing-masing.

"Penanganan pandemi Covid-19 adalah kerja bersama. Oleh sebab itu, penanggulangan bencana nonalam ini musti dilakukan dengan saling bekerjasama, bersinergi dan berkolaborasi. Tanpa itu, upaya kita bersama dalam mengatasi pandemi ini tidak akan berhasil dan maksimal," imbuhnya. [Tim]