6 Pasien Konfirmasi Positif di Pangkalpinang Dinyatakan Sembuh

6 Pasien Konfirmasi Positif di Pangkalpinang Dinyatakan Sembuh
No Image
Tim_Gus

PANGKALPINANG - Sebanyak enam kesembuhan pasien konfirmasi Covid-19 menjadi informasi mengenai situasi dan perkembangan penanganan Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung (Babel) per 31 Agustus 2020, Senin hari ini.

Demikian informasi tersebut disampaikan Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Babel. Enam kesembuhan pasien Covid-19 ini berasal dari Pangkalpinang dan tercatat hingga saat angka kesembuhan sudah berjumlah 223 orang.

"Pasien yang dinyatakan sembuh di Babel sudah 223 orang, angka kasus positif masih sama yakni 239 dan menyisakan pasien dalam isolasi atau perawatan sebanyak 14 orang," jelas Kepala Kantor Sekretariat Satgas Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa.

Mikron menjelaskan data enam pasien sembuh ini yakni :

1. A-Z, 44 tahun, perempuan, beralamat di Jalan Betutu Dalam, Selindung Baru, Gabek, Pangkalpinang.*

Berdasarkan riwayat, yang bersangkutan diketahui memiliki/mengalami infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA berat.

Dari hasil tes swab PCR pada 20 Agustus 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19, dan sejak 18 Agustus 2020 dikarantina dan menjalani perawatan di Ruang Isolasi RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang dan BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sampai dengan dinyatakan sehat dari Covid-19 pada 31 Agustus 2020.

2. U-U, 58 tahun, perempuan.*
3. V-D-A, 31 tahun, perempuan.*
4. A-F-T, 6 tahun, laki-laki.*
5. S-R-A, 1 tahun, perempuan.*

Keempatnya beralamat di Jalan Lintas Timur, Selindung, Gabek, Pangkalpinang.*

Berdasarkan riwayat, keempatnya merupakan kontak erat A-H, orang yang sebelumnya terkonfirmasi Covid-19. Diketahui bahwa V-D-A yang merupakan tenaga kesehatan (bidan) di Puskesmas Selindung itu adalah istri dari A-H, adapun A-F-T dan S-R-A adalah anak dari A-H dan V-D-A, sementara U-U adalah ibu dari A-H.

Sejak dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19 dari hasil tes swab PCR pada 20 Agustus 2020, U-U menjalani swaisolasi atau karantina mandiri di rumah, dalam pemantauan dan pengawasan, sampai dengan dinyatakan sehat dari Covid-19 pada 30 Agustus 2020.

Adapun V-D-A, A-F-T, dan S-R-A, ketiganya dari hasil tes swab PCR pada 21 Agustus 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. Sejak 20 Agustus 2020 menjalani swaisolasi atau karantina mandiri di rumah, dalam pemantauan dan pengawasan, sampai dengan dinyatakan sehat dari Covid-19 pada 30 Agustus 2020.

6. D-A-N, 24 tahun, laki-laki, beralamat di Jalan Depati Hamzah, Semabung Lama, Bukit Intan, Pangkalpinang.*

Berdasarkan riwayat, pada 8 Agustus 2020 yang bersangkutan melakukan perjalanan dari Palembang, Sumatera Selatan, daerah terjangkit Covid-19. Kemudian melakukan tes rapid untuk syarat perjalanan ke Belitung, dan diperoleh hasil reaktif. Lalu dilakukan pengambilan sampel spesimen swab, dan dari hasil tes swab PCR pada 21 Agustus 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19.

Sejak dinyatakan positif Covid-19, menjalani swaisolasi atau karantina mandiri di rumah, dalam pemantauan dan pengawasan, sampai dengan dinyatakan sehat dari Covid-19 pada 31 Agustus 2020.

Dengan demikian, saat ini persentase tingkat orang yang selesai isolasi dan dinyatakan sehat dari Covid-19 di Babel mengalami peningkatan yakni berada di angka 93,31 persen sementara tingkat kematian orang yang terkonfirmasi Covid-19* berada di angka 0,84 persen.

Kendati demikian, pandemi Covid-19 belum berakhir, dan bagaimana pun harus menjadi perhatian untuk tetap meningkatkan kewaspadaan khususnya terkait beberapa kasus Covid-19 di Babel yang menunjukkan fakta terpaparnya pelaku perjalanan dari luar terutama dari daerah terjangkit apalagi episentrum Covid-19 (imported case), yang kemudian dan menularkan virus sehingga terjadi transmisi lokal (local transmission), dan hal ini tak bisa dianggap sebagai persoalan sepele apalagi diremehkan. [Tim]