Pusdalops BPBD Babel Laporkan 3 Kesembuhan Pasien Covid-19

Pusdalops BPBD Babel Laporkan 3 Kesembuhan Pasien Covid-19
No Image
Tim_Gus

PANGKALPINANG - Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Belitung (Babel) mencatat peningkatan kesembuhan pasien Covid-19 per 28 Agustus 2020, Sabtu hari ini.

Dalam laporan situasi dan perkembangan Covid-19 Babel, disampaikan ada 3 kesembuhan pasien Covid-19 dan tak ada penambahan kasus terkonfirmasi positif. "Alhamdulillah, pasien sembuh bertambah 3 maka total kesembuhan sekarang 217, menyisakan 16 pasien dalam perawatan dan kumulatif kasus positif sebanyak 235," jelas Kalakhar BPBD Babel, Mikron Antariksa, tadi malam.

Dipaparkan Mikron, pasien sembuh berasal dari satu Pangkalpinang yakni pasien atas nama A-H-G, 32 tahun, laki-laki, beralamat di Jalan Lintas Timur, Selindung, Gabek, Pangkalpinang.*

Berdasarkan riwayat, yang bersangkutan merupakan kontak erat I-F, orang yang sebelumnya dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19, dan saat ini sudah sehat dari Covid-19. Memiliki keluhan batuk dan kondisi tubuh lemas. Diketahui bahwa A-H-G adalah rekan kerja I-F, ASN di Kantor Pengawasan dan Pelayanan (KPP) Bea Cukai Pangkal Balam, Pangkalpinang, orang yang sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 dan saat ini juga sudah sehat dari Covid-19.

"Dari hasil tes yang PCR pada 18 Agustus 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19, diisolasi dan menjalani penanganan di BKPSDMD Babel, sampai dengan dinyatakan sehat dari Covid-19 pada 29 Agustus 2020," ungkapnya.

Perlu disampaikan, sebagaimana sudah diketahui sebelumnya, bahwa orangtua (ibu), istri, dan kedua anak A-H-G, juga dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19, dan saat ini masih menjalani swaisolasi atau karantina mandiri di rumah, dalam pemantauan dan pengawasan.

Dua dari Kabupaten Bangka, lanjut Mikron, yakni pasien F-H, 37 tahun, perempuan dan M-D-A, 9 tahun, laki-laki. Keduanya beralamat di Jalan A Yani, Gang Rempuding, Bukit Betung, Sungailiat, Bangka.

"Berdasarkan riwayat, keduanya merupakan kontak erat A-K-R, orang yang sebelumnya dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19 dan saat ini sudah sehat dari Covid-19. Diketahui bahwa F-H adalah istri dari A-K-R, sementara M-D-A adalah anak dari A-K-R dan F-H. Dinyatakan sebagai klaster Dinas Pertanian," jelasnya.

Sejak dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19 dari hasil tes swab PCR pada 18 Agustus 2020, keduanya diisolasi dan menjalani penanganan di RSUD Depati Bahrin, Sungailiat, Bangka.

Dengan demikian, persentase tingkat orang yang dinyatakan sehat dari Covid-19 dan selesai isolasi di Babel saat ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan dan berada dalam tren yang baik yakni di angka 92,34 persen. Sementara tingkat kematian orang yang terkonfirmasi Covid-19* sangat rendah yakni di angka 0,85 persen.

"Kondisi ini harus kita jaga dan terus kita pertahankan. Penanganan pandemi Covid-19 adalah kerja dan tanggung jawab bersama. Oleh sebab itu, penanggulangan bencana nonalam ini musti dilakukan dengan saling bekerjasama, bersinergi dan berkolaborasi. Tanpa itu, upaya kita bersama dalam mengatasi pandemi ini tidak akan berhasil dan maksimal," pungkasnya. [Tim]